Backtrack dan Beini Dalam Satu DVD/USB

Akhir-akhir ini kedua distro linux ini (Backtrack & Beini) menjadi popular, terutama karena salah satu kemampuannya yang cukup handal dalam hal membobol (hack) jaringan nirkabel (Wifi – Hotspot).

Sebenarnya saya belum pernah menjajal keduanya seh, jadi penasaran, cuman sarana dan prasarananya belum ada, jadinya dipending aja dulu rasa penasarannya, mudah2an suatu saat bisa mencobanya. I Hope…

Awalnya teman yang mengenalkan kedua distro ini, kayaknya dia lagi asyik iseng2 menjebol wifi orang, terus dia nanya cemmana cara menggabungkan kedua distro linux tersebut dalam 1 dvd?

Sebenarnya banyak cara untuk membuat multiboot CD/DVD/USB, dan pada kesempatan ini saya coba membuat multiboot multi OS dengan tool gratis XBOOT.

Untuk informasi tentang XBoot bisa jalan2 kesini: https://sites.google.com/site/shamurxboot/home

Pada ujicoba kali ini saya menggunakan flashdisk (minimal 4 GB), file iso “Backtrack-5” dan “Beini-1.2.1”.

Adapun Langkahnya sbb:

1. Download XBOOT dari SINI

2. Jalankan XBOOT, penampakkannya seperti gambar berikut ini :

3. Selanjutnya drag  file iso “Backtrack.iso”, atau bisa juga melalui menu File>Open, lalu arahkan ke file iso dari Backtrack. Maka akan muncul Wizard “Identify Iso”, pada menu drop-down pilih “Linux — Backtrack” , hasilnya seperti gambar berikut ini :

4. Lalu klik tombol “Add this File”. Lakukan hal yang sama seperti langkah 3 diatas untuk file iso “Beini.iso”. Berikut hasil akhir setelah kedua file iso berhasil di-load :

5. Langkah selanjutnya adalah tinggal “Burn” ke CD/DVD/USB, karena ujicoba kali ini memakai USB maka klik menu “Create USB” pada bagian kanan bawah.

6. Pada menuu wizard yang selanjutnya, pilih USB drive dan untuk bootloadernya pilih “Syslinux”, lalu tekan OK, lihat gambar berikut ini :

7. Tunggu proses Create USB, sampai beres

8. Apabila sudah beres, muncul notifikasi bahwa proses create USB sukses dan kita ditawari apakah kita hendak mencoba USB multiboot kita dengan QMENU atau tidak. Pilih “Yes”

9. Di bawah ini adalah tampilan dari QMENU

CARA MENGEDIT MENU DI XBOOT 

Menu standar hasil pembuatan Multiboot USB dengan XBOOT bisa kita lihat pada gambar langkah no.9 diatas. Apabila kita ingin mengedit menu2nya agar rada2 enakeun, inilah caranya :

1. Di Multiboot USB, cari dan buka file2 berikut: “menu.lst”, “linux.lst”, “linux.cfg” dan “syslinux.xfg”. Cara membukanya bisa dengan notepad atau notepad++ atau yang lainnya yang bisa buka file2 tsb.

2. Edit pada beberapa bagian, seperti gambar berikut ini :

3. Dan ini hasilnya :

  

  

Alhamdulillah, selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: